Sabtu, 14 Juli 2018

Memahami Fungsi Neutrofil Dalam Sistem Imunitas Tubuh


Neutrofil yakni salah satu tipe sel darah putih yang ada di dalam tubuh manusia. Tubuh membutuhkan neutrofil untuk menolong melawan infeksi, sekalian melindungi tubuh dari ancaman berjenis-jenis penyakit. Sel darah putih betul-betul berperan dalam cara kekebalan tubuh. Saat Anda sakit atau terluka, sel darah putih akan merespons dengan memproduksi zat kimia untuk melawan antigen, seperti virus, jamur, racun, bakteri, malah sel kanker.

Secara umum sel darah putih terdiri dari beberapa tipe, dengan neutrofil dan limfosit yang berjumlah paling banyak. Jumlah neutrofil yakni yang terbanyak, yakni sekitar 55 sampai 70 persen. Neutrofil dan limfosit memiliki fungsi yang hampir sama yakni menjaga cara kekebalan tubuh. Bila limfosit bertugas mengenali zat-zat asing, seperti bakteri atau virus, dan menstimulus produksi antibodi di dalam tubuh, tugas neutrofil yakni melawan infeksi bakteri.

Neutrofil diproduksi tubuh di dalam sumsum tulang dan disalurkan ke segala tubuh melewati aliran darah. Berbeda dengan sel darah putih lain dengan zona sirkulasi terbatas, neutrofil bisa menyebar dan bergerak secara bebas melewati pembuluh darah dan masuk ke dalam jaringan di segala tubuh untuk melawan segala antigen yang mengganggu.

Kadar neutrofil di dalam tubuh bisa diketahui melewati percobaan darah komplit. Lazimnya dokter memberi anjuran untuk mengerjakan percobaan ini sebagai upaya mendiagnosis suatu penyakit, mengetahui keadaan pasien pasca kemoterapi, atau memonitor perkembangan penyakit yang dialami.

Setelah percobaan dikerjakan, dokter bisa mengetahui kadar neutrofil di dalam darah. Idealnya, kadar neutrofil berkisar antara 1.500 - 8.000 sel per mikroliter. Kadar neutrofil tiap-tiap orang berbeda-beda, tergantung tipe kelamin, umur, tempat tinggal, dan perlengkapan yang digunakan dokter untuk mengerjakan pemeriksaan. Hasil percobaan juga dipengaruhi oleh keadaan kesehatan masing-masing. Oleh karena itu, sebelum percobaan dikerjakan, sebaiknya beritahu dokter apabila Anda sedang mengerjakan radioterapi, kemoterapi, terapi kortikosteroid, atau baru menjalani operasi.


Gangguan pada Neutrofil
Bila hasil pemeriksaan menampakkan kadar neutrofil di dalam tubuh Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari keadaan normal, artinya ada gangguan pada neutrofil di dalam tubuh Anda. Secara umum, gangguan pada neutrofil bisa dibagi menjadi dua, yakni:

·         Neutropenia
Neutropenia yakni keadaan di mana kadar neutrofil di dalam darah berada di bawah batas normal. Keadaan ini bisa berhubungan dengan beberapa hal, antara lain hepatitis, anemia aplastik, leukemia, kerusakan sumsum tulang, penyakit autoimun, sepsis, atau karena pengaruh pengobatan kemoterapi.

·         Neutrofilia
Kadar neutrofil di dalam darah yang melebihi batas normal, disebut sebagai neutrofilia. Keadaan ini bisa terjadi karena adanya infeksi, gangguan jantung, pemakaian obat kelompok steroid, cedera, mengalami stres berat, kanker darah, budaya mengisap rokok, atau mengerjakan olahraga berat.

Neutrofil yakni unsur penting dalam cara imunitas tubuh. Mintalah rekomendasi dokter untuk pemeriksaan neutrofil, apabila Anda kerap kali mengalami infeksi atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan cara imunitas tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Aman Bertransaksi dengan ATM BNI Setor Tunai

Nasabah perbankan dikala ini semakin dipermudah dalam bertransaksi. Mulai dari mobile banking, dunia online banking, weekend banking sam...