Selasa, 10 Juli 2018

Obat Cacing Dan Efek Sampingnya


Penyakit cacingan disebabkan oleh cacing parasit yang hidup dan mengambil makanan dari dalam tubuh seseorang. Penyakit ini bisa diatasi dengan meminum obat cacing. Penyakit cacingan kebanyakan terjadi di negara beriklim tropis atau negara berkembang dengan makanan dan air serta lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya. Untungnya cacingan bisa diobati dengan meminum obat cacing atau yang disebut juga anthelmintik. Berikut beberapa figur obat cacing yang bisa dikonsumsi.

Mebendazole

Obat cacingan ini umum diterapkan untuk mengobati bermacam-macam infeksi cacing seperti cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi atau cacing kerawit, dan cacing cambuk. Obat cacing ini bekerja dengan mencegah cacing menyerap gula (glukosa) tubuh. Hasilnya, cacing akan kehilangan tenaga lalu mati.

Penderita cacingan penyakit liver disarankan untuk berhati-hati jika ingin mengkonsumsi obat ini. Ibu menyusui dan buah hati-buah hati di bawah usia 2 tahun pun disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Perlu diperhatikan bahwa mebendazole bisa menimbulkan efek samping. Anda disarankan untuk menghentikan konsumsi mebendazole jika mengalami tanggapan, seperti gatal-gatal, ruam kulit, pembengkakan bibir, lidah atau wajah, sesak nafas atau sumbatan jalan nafas sebab pembengkakan dinding tenggorokan. Diskusikan dengan dokter jika muncul sakit perut, diare, atau demam, sebelum menghentikan pengobatan.

Praziquantel

Praziquantel diterapkan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh cacing pipih yang berada di hati atau aliran darah. Praziquantel bekerja dengan membuat otot cacing kejang-kejang dan lumpuh. Setelah obat diminum, cacing kemudian dibuang lewat tinja. Praziquantel bisa menimbulkan tanggapan alergi obat, dengan gejala gatal dan ruam atau bentol pada kulit, sesak nafas, dan pembengkakan pada tubuh. Efek samping obat ini berupa keringat berlebihan, sakit kepala atau pusing, mual, sakit perut, merasa lelah, dan muncul demam ringan. Pastikan untuk memberi tahu dokter jika Anda memiliki permasalahan medis lain, terlebih penyakit jantung atau kelainan ritme jantung, riwayat kejang, memiliki kista di mata atau otak, penyakit ginjal, dan gangguan hati.

Niclosamide

Niclosamide diterapkan untuk mengobati infeksi cacing pita ikan, cacing pita kerdil, dan cacing pita daging sapi. Niclosamide bekerja dengan membunuh cacing pita. Cacing yang mati dan kadang-kadang hancur dalam usus ini kemudian dibuang berbarengan dengan tinja. Beberapa efek samping niclosamide mungkin tidak membutuhkan perhatian medis. Tapi jangan ragu untuk menghubungi dokter jika mengalami kram atau nyeri perut, diare, kehilangan selera makan, mual atau muntah, pusing, kantuk, gatal di tempat dubur, dan ruam kulit.

Piperazine

Piperazine diterapkan untuk mengatasi cacing gelang dan cacing kremi. Piperazine bekerja dengan melumpuhkan cacing hingga kemudian dibuang lewat tinja. Pengaplikasian obat ini bisa dipengaruhi oleh penyakit tertentu, seperti penyakit ginjal, penyakit hati, atau epilepsi. Efek samping dari piperazine, termasuk susah konsentrasi, kulit kesemutan, demam, gerakan wajah, lengan, dan kaki tidak beraturan, nyeri sendi, serta ruam atau gatal-gatal. Seketika periksakan ke dokter atau rumah sakit jika efek samping berkelanjutan.

Pyrantel

Pyrantel diterapkan untuk mengatasi cacing kremi dalam tubuh dengan metode dilumpuhkan lalu dibuang keluar tubuh lewat tinja. Obat ini sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Sama seperti obat cacing lainnya, pyrantel juga memiliki efek samping seperti kram atau nyeri perut, diare, pusing, mengantuk, sakit kepala, mudah terusik (irritable), kehilangan selera makan, mual atau muntah, dan susah tidur.

Biasanya, masa pengobatan cacingan dengan obat cacing cukup singkat (beberapa hari). Tapi, seluruh itu tergantung pada tipe cacing yang ada di tubuh dan tipe obat yang diberi oleh dokter. Supaya tubuh tidak menjadi tempat tinggal cacing, rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum makan dan setelah membuang hajat, serta jagalah senantiasa kebersihan lingkungan. Kecuali itu, pastikan air yang diminum bersih dan matang.

Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat rutin mengkonsumsi obat cacing sebagai langkah pencegahan penyakit cacingan. Untuk menerima obat cacing yang ideal, Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau menerima obat cacing di Puskesmas terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Aman Bertransaksi dengan ATM BNI Setor Tunai

Nasabah perbankan dikala ini semakin dipermudah dalam bertransaksi. Mulai dari mobile banking, dunia online banking, weekend banking sam...