Selasa, 03 Juli 2018

Kenali Makanan Yang Meningkatkan Gula Darah


Kamu merasa telah mengontrol pola makan dan memilih makanan, namun terbukti kadar gula darah konsisten meningkat. Mungkin ini terjadi karena selama ini kamu cuma mengontrol gula, sedangkan banyak makanan lain yang dapat meningkatkan gula darah.

Tubuh memproduksi gula darah dengan mencerna makanan menjadi gula darah, kemudian diterapkan sebagai tenaga. Tetapi, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat membahayakan, terpenting sekiranya kamu atau keluarga kamu punya riwayat penyakit diabetes jenis 2. Jika tidak dikelola, kamu berisiko mengalami gangguan pada penglihatan, ginjal, jantung, dan pembuluh darah.


Observasi Pola Makan Sehari-hari

Makanan mengandung karbohidrat tinggi termasuk salah satu jenis makanan yang perlu dibatasi, karena dalam cara kerja pencernaan dapat meningkatkan asupan gula. Makanan tinggi karbohidrat akan langsung diubah tubuh menjadi gula darah. Kian banyak karbohidrat yang dikonsumsi, karenanya akan semakin tinggi gula darah dalam tubuh.

Sayangnya jenis makanan yang banyak dikonsumsi orang Indonesia yaitu jenis makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi yang dikenal sebagai makanan pokok. Oleh karena itu, jangan lupakan asupan gizi lainnya demi membentuk pola makan gizi sepadan. Sebaiknya kombinasikan bermacam-macam jenis makanan, seperti protein, serat, dan lemak dalam sekali makan. Hal ini akan menolong memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurangi peningkatan kadar gula darah.

1.       Makan tiap 3-5 jam sekali juga menolong menjaga kadar gula darah. Ini dapat dikerjakan dengan 3 kali makan besar, disisipi 2 kali makanan ringan.

2.       Mengkonsumsi makanan berkalori tinggi akan membikin tubuhmu menaruh cadangan kalori dalam format lemak. Kian tubuh kelebihan berat badan karena timbunan lemak, semakin sel-sel tubuh tidak peka kepada insulin, sehingga kadar gula darah meningkat.

Sebagian Ragam Makanan yang Perlu Dibatasi

Di bawah ini yaitu sebagian makanan dan minuman yang mungkin tidak kamu sangka dapat meningkatkan kadar gula darah:

Nasi putih

Kamu tiap hari terbiasa makan nasi putih? Penelitian menemukan bahwa orang yang makan 5 porsi atau lebih nasi tiap pekan, lebih berisiko mengalami diabetes jenis 2. Risiko ini akan turun sekitar 16% sekiranya kamu diet nasi putih atau menggantinya dengan nasi merah yang kaya serat.

Roti putih

Roti putih yang terbuat dari tepung halus ini diolah tubuh dengan pesat, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan pesat. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi roti gandum untuk mengurangi risiko diabetes jenis 2 dan penyakit jantung.

Daging merah dan daging olahan

Meski daging merah atau daging olahan yang kaya lemak jenuh tidak perlu dihindari sama sekali, namun konsisten sepatutnya dibatasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tiap hari mengonsumsi daging olahan, dapat meningkatkan risiko diabetes jenis 2 sampai dua kali lipat. Sebagai gantinya, kamu dapat mencoba makanan sumber protein lain yang lebih sehat, seperti produk susu rendah lemak.

Soda dan minuman manis lain

Berdasarkan penelitian, orang yang mengonsumsi minuman soda 1-2 kali per hari, 26% lebih berisiko mengalami diabetes jenis 2. Jus buah yang dipasarkan bebas dalam kemasan juga banyak yang mengandung gula dan kalori. Kecuali itu, minuman olahraga mungkin memang mengandung natrium dan kalium yang menolong memulihkan cairan dan elektrolit, namun juga mengandung karbohidrat yang tidak dibutuhkan sekiranya kamu olahraga kurang dari satu jam. Lebih bagus kamu mengganti minuman-minuman manis itu dengan air mineral.

Makanan pesat saji

Kebanyakan makanan pesat saji tinggi lemak, garam, dan kalori yang tentu saja meningkatkan berat badan dan risiko diabetes jenis 2.

Makanan kemasan

Makanan kemasan cenderung tinggi lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga juga mungkin meningkatkan risiko diabetes. Secara sekiranya makanan kemasan hal yang demikian banyak mengandung gula, seperti cokelat atau permen. Bukan berarti kamu sepatutnya selalu menghindari makanan-makanan di atas. Cuma saja kamu perlu memandang porsi dan frekuensi makanmu. Kecuali itu, olahraga juga penting lho untuk menstabilkan kadar gula darah. Jika kamu memiliki riwayat diabetes, karenanya sangat direkomendasikan bagimu untuk rutin kontrol pada dokter, dan menjalani pengobatan yang direkomendasikan. Dan sekiranya kamu bingung menetapkan pilihan makanan yang pas untuk menjaga kadar gula darah, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter gizi. Jadi untuk mencegah tingginya gula darah, mulai kini jangan cuma fokus menghindari makanan manis ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Aman Bertransaksi dengan ATM BNI Setor Tunai

Nasabah perbankan dikala ini semakin dipermudah dalam bertransaksi. Mulai dari mobile banking, dunia online banking, weekend banking sam...